Peluang Usaha di Desa

Peluang usaha yang menguntungkan di desa memang cukup menjajikan untuk meningkatkan perekonomian. Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja peluang usaha tersebut. Pasalnya ada banyak sekali peluang usaha terutama di desa yang akan memiliki banyak peminat.

Pada tulisan kali ini noona.id akan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Untuk dapat memulai bisnis cobalah untuk menentukan bisnis apa yang cocok dengan lingkungan sekitar. Beberapa bisnis peluang usaha yang menguntungkan di desa adalah sebagai berikut.

Peluang Usaha Yang Menguntungkan Di Desa

Tinggal di desa tidak selalu identik dengan kemiskinan. Meskipun pada kenyataannya masih ada beberapa desa di pelosok nusantara yang tertinggal. Namun tidak mengapa kamu tetap bisa mencoba peluang usaha yang menguntungkan di desa agar kehidupanmu lebih sejahtera.

1. Buka Warung

Usaha kecil yang menguntungkan di desa salah satunya adalah dengan membuka warung kecil-kecilan. Orang-orang zaman dahulu membuat warung atau rombong yang terbuat dari seng dan beralaskan kayu untuk menghasilkan rupiah. Namun orang-orang masa kini memodifikasinya sehingga terkesan lebih modern.

Produk yang dijual merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakar sekitar. Misalnya saja peralatan mandi, peralatan mencuci piring dan baju, kebutuhan dapur hingga snack-snack. Dan warung yang berada di desa biasanya identik dengan menjual kerupuk yang berada di dalam blek.

2. Jualan Sayur

Untuk ibu-ibu desa akan sangat dimudahkan dengan adanya tukang sayur. Beberapa tukang sayur atau biasa disebut dengan mlijo ini ada yang menjajakan dagangannya dengan berkeliling kampung. Dan kebanyakan dari profesi tersebut ditekuni oleh kaum laki-laki.

Namun jika tidak mau berkeliling kampung kamu bisa memanfaatkan teras depan rumah untuk berjualan. Dengan begitu masyarakat sekitar tidak perlu repot pergi ke pasar untuk membeli bahan masakan. Peluang usaha yang menguntungkan di desa ini selain bisa menghasilkan uang juga bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

3. Jual Pulsa

Bisnis jual pulsa memang menjadi peluang usaha yang menjanjikan di kampung. Pasalnya bisnis ini dibutuhkan oleh banyak orang. Meskipun sudah ada kuota internet namun pada nyatanya banyak masyarakat yang mencari penjual pulsa. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Meskipun laba yang dihasilkan dari bisnis ini cukup minim, akan tetapi jika dikumpulkan akan menjadi banyak. Seperti peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Untuk itu dalam menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang ekstra. Oleh sebab itu jual pulsa menjadi usaha kecil menguntungkan di desa.

4. Buka Tempat Fotokopi

Untuk mencoba peluang usaha yang menguntungkan di desa kamu bisa membuka bisnis tempat fotokopi. Pilihlah toko yang dekat dengan sekolah atau tempat kerja yang membutuhkan jasa fotokopi. Dengan begitu jasa kamu akan dengan mudah digunakan oleh masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Seperti anak-anak sekolah pada umumnya yang membutuhkan jasa fotokopi untuk keperluan tugas sekolahnya. Sama halnya dengan petugas kantor yang juga membutuhkan jasa tersebut. Peluang tersebut harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

5. Jualan Kopi

Kopi menjadi primadona bagi muda-mudi Indonesia. Jika orang tua zaman dahulu menyukai kopi hitam dengan cita rasanya yang sedikit pahit, maka berbeda dengan kopi zaman sekarang. Saat ini kopi tersedia dalam banyak varian rasa. Sehingga kopi semakin memiliki banyak peminat terutama dikalangan anak muda.

Jika modal yang kamu miliki masih belum cukup, kamu bisa mengawalinya dengan menyewa box container. Semakin berkembangnya dunia bisnis, banyak yang menyediakan jasa box container dengan harga yang sesuai ukurang container tersebut. Untuk ukuran yang paling kecil harga sewanya hanya 10 ribuan saja per hari.

6. Jualan Bakso

Bakso merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari anak kecil hingga orang tua menyukai makanan satu ini. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pelanggan bakso akan semakin mudah. Peluang usaha yang menjanjikan di kampung ini sudah sepatutnya untuk kamu coba.

Bahkan ada beberapa penjual bakso yang jualan secara berdekatan. Akan tetapi pelanggannya masih sama banyaknya dan jualannya sama larisnya. Dari hal tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa rejeki sudah diatur oleh sang Pencipta. Dan minat masyarakat tentang bakso ini memang sangat tinggi. Kamu bisa menawarkan menu bakso bakar, bakso beranak, dan bakso mercon untuk menarik peminat.

7. Jualan Es Kelapa Muda

Kelapa muda memang banyak ditemui di daerah pedesaan. Untuk itu berjualan es kelapa muda juga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan di desa. Kamu bisa mulai berjualan di depan rumah atau berjualan ke pasar dengan menggunakan gerobak dorong.

Selain itu kamu juga bisa berkeliling mencari pelanggan menggunakan gerobak motor. Es kelapa muda ini juga merupakan minuman favorit anak-anak sekolah. Untuk melepas dahaga setelah seharian mencari ilmu, es kelapa menjadi pilihan yang tepat. Biasanya anak sekolah lebih menyukai es kelapa murni karena rasanya lebih segar.

 

 

1

Tinggalkan komentar