Cara Menjadi Dropshipper Tokopedia

Cara menjadi dropshipper Tokopedia itu sangat mudah. Tokopedia merupakan perusahaan yang berasal dari Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2009. Perkembangan Tokopedia memang cukup pesat karena mampu menjadi salah satu unicorn di Indonesia bersanding dengan Gojek, Traveloka dan Bukalapak.

Untuk itu kali ini noona.id akan menulis seputar Tokopedia dan bagaimana untuk menjadi dropshippernya. Jika kamu tertarik mari simak bagaimana cara menjadi dropshipper tokopedia ini.

Cara Menjadi Dropshipper Tokopedia

Tokopedia tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja. Namun transformasi Tokopedia sudah berpengaruh hingga ke Asia Tenggara. Hal tersebut menjadi peluang besar untuk kamu yang ingin berjualan di Tokopedia. Jadi begini cara menjadi dropshipper Tokopedia.

1. Download Aplikasi

Sebelum kamu melangkah lebih jauh, cara menjadi dropshipper Tokopedia yang pertama adalah memiliki aplikasi Tokopedia itu sendiri. Kamu bisa mendownloadnya melalui Google Playstore. Bermodalkan kuota internet yang memadai kamu bisa langsung mendownload aplikasi Tokopedia tersebut.

2. Daftar Akun

Setelah aplikasi selesai didownoad, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pilih menu registrasi dengan mengisikan nomor telepon atau alamat email. Namun untuk lebih cepat kamu bisa mendaftar melalui akun Facebook atau Google.

Setelah itu isi form yang tersedia. Selesai mengisi form tersebut tunggu kode verifikasi yang akan dikirim oleh pihak Tokopedia. Kode tersebut berguna untuk mengaktifkan akun Tokopedia tersebut.

3. Buka Toko

Cara daftar menjadi dropship Tokopedia selanjutnya yaitu membuka toko pada aplikasi tersebut. Langkah yang pertama, buat domain untuk nama toko online kamu. Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi informasi seperti Nama Toko, Deskripsi, dan lain-lain.

Jika sudah, Tokopedia akan mengarahkanmu untuk memilih metode pengiriman dan cara pembayaran. Setelah semua selesai kamu bisa memilih menu buka toko. Dengan begitu toko mu sudah aktif dan kamu bisa mulai berjualan. Begitulah cara menjadi dropshipper tokopedia yang sangat mudah untuk dilakukan.

4. Mulai Jualan

Ketika tokomu sudah aktif, kamu bisa melakukan promosi dengan mengisi tokomu dengan produk yang akan kamu jual. Caranya cari menu tambahkan produk pada tampilan toko kamu. Lalu isi informasi produk secara lengkap agar konsumen mengerti detail dari produk yang kamu jual.

Kamu juga bisa menambahkan dukungan asuransi produk dengan persyaratan tertentu. Setelah semua terisi pilih menu simpan agar iklan dapat terlihat oleh pengguna Tokopedia. Semakin banyak yang melihat iklan tersebut maka peluang untuk mendapatkan pembeli juga lebih besar.

5. Trik Mendapat Banyak Pembeli

Untuk menarik minat pembeli di Tokopedia tentu ada trik-trik tertentu. Setelah cara daftar menjadi dropship tokopedia selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi yang baik dan benar. Coba upload foto dengan angle terbaik, bila perlu gunakan jasa fotografer untuk mendapat foto berkualitas.

Yang kedua buatlah judul produk yang menarik pembeli. Selain itu judul yang ramah SEO juga berguna untuk menarik minat pembeli. Untuk mendapatkan judul ramah SEO kamu perlu mencari kata kunci yang dihasilkan oleh Keyword Planner.

6. Gunakan TopAds Produk

Jika langkah promosi tersebut sudah dilakukan namun kamu masih merasa produk yang kamu jual belum dijangkau pembeli dengan maksimal. Maka kamu bisa memanfaatkan layanan TopAds Produk yang sudah disediakan oleh Tokopedia. Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan produk yang memiliki tingkat persaingan tinggi.

Dengan memanfaatkan layanan TopAds Produk dari Tokopedia ini maka konsumen akan dengan mudah melihat produkmu. TopAds Produk ini dibagi menjadi 2 Iklan Group yang bisa kamu pilih. Yang pertama Iklan Group untuk iklan 300 produk dalam  group ditambahkan kata kunci. Dan Iklan Group untuk iklan 1 produk secara spesifik.

7. Tingkatkan Fitur Premium

Cara daftar menjadi dropship tokopedia ternyata bisa ditingkatkan ke fitur premium yang levelnya di atas TopAds Produk. Dengan menggunakan fitur premium maka toko online milikmu akan terlihat lebih profesional. Selain itu akan lebih banyak tools yang bisa kamu gunakan dan tentunya akan memudahkanmu untuk mengoptimalkan penjualan.

Namun tentunya fitur premium ini tidaklah gratis. Ada biaya tambahan perbulannya yaitu sebesar Rp 150.000/ bulan. Jadi sebelum memutuskan untuk meningkatkan toko online ke fitur premium, kamu harus memikirkan hal tersebut dulu, yaa.

8. Cara Input Resi

Cara menjadi dropshipper Tokopedia yang selanjutnya adalah menginput resi. Jika ada orderan yang masuk ke toko kamu, langsung lakukan pembelian produk tersebut. Jangan lupa untuk mencentang kirim sebagai dropshipper. Kemudian supplier akan memproses orderan dan memasukkan resi.

Kamu bisa mencopy resi tersebut ke toko kamu lalu pilih konfirmasi. Cara pembayaran dropship tokopedia bisa kamu lakukan dengan uang pribadi kamu sendiri. Pasalnya uang dari pembeli akan ditahan dulu oleh Tokopedia sampai pembeli melakukan konfirmasi bahwa kirimannya telah diterima.

0

Tinggalkan komentar