Cara Menjadi Dropshipper Di Shopee

Cara menjadi dropshipper di Shopee sebenarnya tidak terlalu sulit jika kamu mau belajar. Di Indonesia sendiri Shopee menjadi marketplace dengan pengguna yang cukup banyak. Hal tersebut terbukti karena sejak ekspansinya pada 2015 lalu Shopee berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai marketplace terbesar di Indonesia.

Kali ini noona.id akan membahas tentang tentang hal-hal yang berkaitan dengan jualan di shopee. Jika kamu ingin mengetahui cara menjadi dropshipper di shopee  mari simak pembahasan berikut ini.

Cara Menjadi Dropshipper Di Shopee

Dropshipper menjadi cara mudah untuk berjualan tanpa modal. Pasalnya kamu tidak perlu menyetok produk dari supplier. Untuk mendapatkan supplier di Shopee tentu kamu membutuhkan trik dan cara menjadi dropshipper di Shopee.

1. Daftar Akun

Cara menjadi dropshipper di Shopee yang pertama adalah mendaftarkan diri untuk menjadi member of Shopee. Kamu tidak perlu khawatir karena proses pendaftarannya cukup mudah dan hampir sama dengan daftar akun pada umumnya.

Hal-hal yang dibutuhkan hanya alamat email atau nomor telepon kemudian buat kata sandi yang mudah diingat. Untuk proses pendaftaran kamu bisa melakukan langkah seperti berikut:

  • Unduh aplikasi Shopee yang tersedia pada playstore.
  • Buka aplikasi tersebut. Kemudian kamu akan diarahkan untuk buat akun terlebih dahulu.
  • Masukkan email atau nomor telepon kemudian buatlah password.
  • Setelah selesai mengisi form tersebut pihak Shopee akan mengirim kode verifikasi melalui email atau sms.
  • Masukkan kode verifikasi tersebut.
  • Selesai.

2. Tentukan Produk Yang Ingin Kamu Jual

Setelah berhasil membuat akun Shopee, cara menjadi dropship di Shopee selanjutnya yaitu pilih produk apa yang akan kamu jual. Misalnya saja pakaian wanita, kamu tinggal memasukkan kata kunci tersebut kedalam mesin pencari Shopee.

Setelah itu Shopee akan menampilkan produk yang sesuai dengan yang kamu cari. Kemudian pilihlah produk dengan kualitas terbaik untuk kamu jual kembali. Caranya pilih toko yang bertuliskan star yang berate toko tersebut memiliki kredibilitas baik di mata pelanggannya.

3. Cari Supplier Yang Amanah

Ada beberapa cara menjadi dropship di shopee yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan supplier yang amanah. Pasalnya Shopee memiliki jutaan penjual dengan latar belakang yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Hanya untuk berjaga-jaga agar terhindar dari korban penipuan saja.

Untuk itu kamu perlu mengetahui tips dan cara menjadi dropshipper di Shopee dalam mencari supplier. Ketika kamu memasukkan kata kunci kedalam mesin pencari Shopee makan akan muncul beberapa pilihan produk dari masing-masing toko. Toko yang bagus akan memiliki kriteria ini:

  • Pada bagian kiri atas produk terdapat tulisan star yang berarti star seller.
  • Memiliki rating yang bagus dari pelanggannya. Pilihlah toko dengan rating tertinggi misalnya 4.8-4.9/5.
  • Baca review dari pelanggan untuk melihat kinerja toko. Jika banyak ulasan positif tentu akan menambah nilai plus.
  • Lihat realpict produk (biasanya diupload sebagai testimoni pelanggan).
  • Lihat jumlah produk yang terjual. Semakin banyak produk yang terjual maka toko tersebut semakin terpercaya.

4. Beli Produk

Setelah mendapat produk dari toko terpercaya kamu bisa memasarkan produk tersebut. Pasang foto dari produk yang akan kamu jual kemudian isi form yang sudah disediakan oleh Shopee. Lebih baik isi secara lengkap agar pembeli mengetahui keterangan detail dari produk tersebut.

Saat mendapat orderan maka Shopee akan menginput resi secara otomatis. Sehingga cara input resi j&t di Shopee untuk dropship tidak perlu. Jadi dari toko kamu sendiri dan toko supplier akan mendapat 2 resi yang berbeda. Sehingga kamu harus membeli produknya terlebih dahulu baru bisa mengirim ke pelangganmu dengan trik ini :

  • Pilih menu beli sekarang.
  • Jika punya voucher gunakan voucher tersebut.
  • Pilih menu checkout.
  • Isi alamat pengiriman secara lengkap dan detail. Jangan sampai salah ketik alamat agar kiriman cepat terkirim. Selanjutnya pilih menu kirim.
  • Kamu bisa memilih ekspedisi mana yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memilih JNE karena hampir memiliki cabang yang tersebut di pelosok Nusantara.
  • Lalu pilih metode pembayaran yang bisa dilakukan via Bank, Alfamart, Indomart, atau Shopeepay.
  • Pilih Checkout atau Konfirmasi.
  • Pilih kirim sebagai dropshipper.
  • Lalu pilih buat pesanan.

5. Kirim Sebagai Dropshipper

Kamu bisa melakukan sistem dropship di luar Shopee misalnya langsung melalui ekspedisi. Akan tetapi cara ini sedikit beresiko karena segala yang terjadi akan berada di luar kewenangan Shopee. Sehingga kamu bisa mengakalinya untuk melakukan transaksi dengan supplier tanpa perantara Shopee.

Cara input resi JNE di Shopee untuk dropship untuk kiriman non-JOB (JNE Online Booking) bisa dilakukan secara manual. Resi yang telah dicetak bisa diinput dengan scan barcode atau mengetiknya secara manual. Namun kamu harus berhati-hati karena resi yang telah diinput tidak dapat direvisi. Itulah cara menjadi dropshipper di shopee.

 

 

0

Tinggalkan komentar