Cara Menjadi Dropshipper Di Bukalapak

2 min read

Cara menjadi dropshipper di Bukalapak merupakan cara berjualan mudah pada era saat ini. Pasalnya jualan secara online terutama dengan memanfaatkan marketplace sedang menjadi trend. Terlebih banyaknya promo menarik yang membuat pelanggan tergiur  untuk berbelanja secara online.

Untuk itu kali ini noona.id akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan dropshipper di Bukalapak. Jika kamu tertarik untuk menggeluti dunia bisnis online, mari simak cara menjadi dropshipper di bukalapak ini.

Cara Menjadi Dropshipper Di Bukalapak

Berjualan menggunakan marketplace seperti Bukalapak memang menggiurkan. Pasalnya Bukalapak menjadi salah satu unicorn bersanding dengan Traveloka, Gojek, dan Tokopedia yang menjadi saingannya. Berikut ini cara menjadi dropshipper di Bukalapak yang perlu kamu ketahui.

1. Daftar Akun

Cara menjadi dropshipper di Bukalapak yang pertama adalah mendownload aplikasi Bukalapak. Kemudian lakukan pendaftaran untuk menjadi pengguna Bukalapak. Seperti pendaftaran pada umumnya kamu akan diminta untuk mengisi informasi pribadi.

Untuk membuka toko kamu bisa mengisi alamat toko yang sama persis dengan alamat toko dari supplier. Pasalnya perbedaan lokasi akan berpengaruh pada ongkos kirim. Tidak hanya itu, isi dukungan pengiriman, aturan pengembalian barang, dan catatan pelapak yang sama persis dengan supplier.

2. Pilih Supplier

Kamu bisa memilih supplier dari marketplace lain. Bila perlu pilihlah marketplace lokal untuk mendukung bisnis anak bangsa seperti Tokopedia misalnya. Cara menjadi dropship di Bukalapak dengan mencari supplier di Tokopedia ini cukup mudah. Mengingat Tokopedia sangat welcome dengan sistem perdropshippan.

Selain itu kamu bisa menemukan banyak supplier berkualitas di Tokopedia. Untuk mendapatkan supplier terbaik di Tokopedia, pilihlah toko yang gold merchant, memiliki poin hingga ribuan, dan selalu aktif dalam toko onlinenya. Lihat juga review dari pengguna tentang kualitas produknya.

3. Trik Produk Ramah SEO

Setelah mendapat supplier terbaik dan terpercaya kamu bisa menyalin informasi produk ke toko kamu. Untuk memposting produk tersebut bisa dilakukan melalui 2 metode. Yang pertama menyalin secara manual dan kedua menggunakan tools scraper (otomatis).

Namun lebih baik kamu menyalinnya secara manual karena lebih ramah SEO. Dengan menyalin produk secara manual dan mempostingnya sebanyak 5 produk dalam sehari akan lebih bagus untuk SEO. Cara menjadi dropshipper di Bukalapak dengan cara tersebut akan lebih aman dan terhindar dari suspend.

4. Lakukan Promosi

Setelah produk jualan sudah siap semuanya, segera lakukan promosi agar cepat mendapatkan pembeli. Promosi bisa dilakukan dimana saja. Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media untuk mengenalkan produk tersebut. Selain itu promosi bisa juga dilakukan melalui blog pribadi, media chatting, dan forum relevan lainnya.

Cara-cara promosi tersebut bisa kamu manfaatkan karena sistemnya tidak berbayar. Akan tetapi jika kamu ingin beralih ke promosi yang berbayar, kamu bisa mencoba Push Promotion Bukalapak, Fb Ads, Ig Ads, dan Google Adwords. Dengan memanfaatkan cara promosi tersebut akan meningkatkan minat pembeli.

5. Beli Produk

Ketika promosi telah dilakukan secara maksimal tentu pelanggan akan datang dengan sendirinya. Akan banyak pembeli yang berdatangan ke toko online milikmu kemudian memutuskan untuk membeli produkmu. Sehingga kamu bisa segera membeli produk tersebut di toko supplier karena lebih cepat tentu lebih baik.

Setelah itu pihak dari toko supplier kamu akan melakukan input resi. Nah resi ini bisa kamu copy ke toko kamu agar status pemesanan pada Bukalapak berubah dari “sedang diproses” menjadi “sedang dikirim”. Namun ada juga dropship Bukalapak resi otomatis sehingga kamu tidak perlu menginput resi secara manual.

6. Input Resi

Bukalapak merupakan marketplace yang cukup dispilin dan ketat dalam hal penginputan resi. Batas maksimal resi bisa diinput hanya 2 x 24 jam saja setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran dari Bukalapak.

Untuk itu kamu juga harus memilih supplier yang disiplin dalam menginput resinya agar kamu tidak terkena imbas dari Bukalapak. Terlebih jika kamu tidak menggunakan dropship Bukalapak resi otomatis. Dengan menginput resi secara manual kamu tidak punyya banyak waktu untuk menunggu resi dari supplier lebih dari 2 hari.

7. Salah Input Resi

Jika pesananmu sudah dikirim namun ternyata kamu salah memasukkan resi maka Bukapalak akan mengirimkan notifikasi via email. Kamu memiliki waktu 1 x 24 jam untuk mengubah resi yang salah tersebut. Jika dalam batas waktu tersebut resi belum juga diganti maka Bukalapak akan membatalkan transaksi tersebut.

8. Siapkan Modal

Sebenarnya sistem dropship pada Bukalapak ini tetap membutuhkan modal awal. Hal tersebut disebabkan karena sistem dropship ini dilakukan pada marketplace. Sehingga kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu ketika melakukan pemesanan produk.

Terlebih jika pesanan memang tidak didukung oleh sistem COD dimana pembeli bisa melakukan payment secara tunai kepada kurir. Jadi untuk berbisnis cara menjadi dropshipper di Bukalapak membutuhkan modal awal.

 

Irma Citama

Cara Menjadi Dropshipper Tokopedia

Cara menjadi dropshipper Tokopedia itu sangat mudah. Tokopedia merupakan perusahaan yang berasal dari Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2009. Perkembangan Tokopedia memang cukup...
Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menjadi Dropshipper Di Shopee

Cara menjadi dropshipper di Shopee sebenarnya tidak terlalu sulit jika kamu mau belajar. Di Indonesia sendiri Shopee menjadi marketplace dengan pengguna yang cukup banyak....
Irma Citama Irma Citama
2 min read

Peluang Usaha di Desa

Peluang usaha yang menguntungkan di desa memang cukup menjajikan untuk meningkatkan perekonomian. Untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja peluang usaha tersebut. Pasalnya ada...
Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *