Kenapa Aplikasi Tidak Bisa Dipindahkan ke Kartu SD

2 min read

Smartphone lawas biasanya mudah cara memindahkan aplikasi ke sd card. Sayangnya untuk smartphone keluaran terbaru, sering tidak memberikan fitur memindahkan aplikasi secara manual ke kartu SD. Nah kali ini Ovirius akan membahas tentang penyebab kenapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke kartu SD. Terutama untuk HP keluaran baru yang tidak bisa memindahkan aplikasi ke sd card.

Setelah tahu kenapa ada aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke sd card, maka kamu nanti bisa menyelesaikan permasalahaha ini. Penjelasan cara memindahkan aplikasi ke sd card yang tidak bisa dipindahkan akan aku letakkan di bagian akhir ya nanti.

Kenapa Aplikasi Tidak Bisa Dipindahkan Ke Kartu SD

Kali ini Ovirius akan membagikan lima penyebab tidak bisa memindahkan aplikasi ke sd card. Nanti mungkin penyebab kenapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke kartu sd ini akan bertambah. Hal ini karena setiap saat HP baru akan membawa fitur yang terus mengalami perubahan.

1. Memori Internal Lebih Stabil

Salah satu penyebab utama kenapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke kartu sd adalah kestabilan memori. Banyak pengembang smartphone yang menganggap bahwa memori internal lebih stabil dibandingkan memori eksternal. Hal ini karena memori internal dikembangkan langsung oleh pengembang HP.

Hal ini sebenarnya wajar, karena kita tahu bahwa memori eksternal sering mengalami eror atau rusak. Bongkar pasang memori eksternal juga bisa menyebabka data yang terbawa dalam kartu sd menjadi tidak bisa digunakan lagi. Itulah penyebab yang akhirnya tidak bisa memindahkan aplikasi ke sd card.

2. Aplikasi Bawaan HP

Penyebab kedua kenapa tidak bisa menyimpan aplikasi di sd card adalah karena aplikasi tersebut bawaan smartphone. Aplikasi bawaan HP bukan hanya tidak bisa dipindah ke sd card, diuninstall saja tidak bisa dilakukan dengan mudah. Alasan aplikasi tidak bisa dipindah ke sd card ini adalah karena aplikasi bawaan berpengaruh terhadap sistem pusat smartphone.

Aplikasi bawaan saling terkait satu sama lain. Apabila aplikasi diuninstall atau dipindah ke sd card maka nantinya sistem smartphone tidak akan bekerja dengan baik. Oleh karena itu, satu satunya cara yang aman adalah dengan menonaktifkan aplikasi. Atau kalau terpaksa menghilangkan aplikasi bisa menggunakan aplikasi penghapus aplikasi bawaan Android.

3. Smartphone Tidak Dibekali Memori Eksternal

Smartphone yang sedang hits seperti Xiaomi dan Samsung mulai berlomba lomba untuk membekali memori internal berukuran besar pada HP keluaran terbaru mereka. Kalau iPhone memang sudah sejak lama melakukan hal itu. Namun untuk HP Android baru akhir akhir ini saja.

Nah dengan bekal memori internal yang besar, beberapa smartphone tidak lagi membekali slot memori eksternal bagi smartphone. Keberadaan slot ini tentu sangat penting jika ingin memindahkan aplikasi ke sd card. Sehingga penyebab utama kenapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke kartu sd adalah ada atau tidaknya memori eksternal. Bagi HP Android dengan memori internal besar, kemungkinan tidak bisa memindahkan aplikasi ke sd card berkaitan dengan keamanan seperti yang nomor 1 tadi.

4. Belum Melakukan Partisi SD Card

Untuk bisa memindahkan aplikasi ke SD card salah satu metodenya adalah melakukan partisi sd card. Cara memindahkan aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke sd card ini biasanya dilakukan menggunakan aplikasi. Cara partisi sd card ini mirip seperti pada laptop, dimana harddisk dibagi menjadi dua atau tiga biasanya. Partisi harddisk yang pertama untuk sistem sedangkan sisanya untuk menyimpan berkas berkas.

Nah hal yang sama juga perlu dilakukan pada smartphone agar bisa memindahkan aplikasi ke sd card. Jika aplikasi android tidak bisa dipindah ke sd card, mungkin salah satu penyebabnya adalah belum melakukan partisi sd card. Sehingga ketika tidak bisa memindahkan aplikasi android ke sd card, mungkin kamu bisa melakukan partisi terlebih dahulu.

5. Mengatasi Tidak Bisa Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Aplikasi Pemindah Aplikasi Ke Kartu SD

Jika beberapa aplikasi di HP kamu tidak bisa dipindahkan, maka kamu bisa menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu SD. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan partisi SD Card kemudian memindahkan aplikasi dari memori internal ke sebagian memori eksternal. Ada banyak aplikasi pemindah aplikasi ke sd card di Google Play Store.

Ovirius memiliki lima rekomendasi aplikasi terbaik untuk memindahkan aplikasi Android ke memori eksternal. Aplikasi ini dipilih berdasarkan jumlah download, rating dan review dari penggunanya. Kamu bisa membacanya terlebih dahulu di pemindah aplikasi ke kartu SD.

Sekian tadi lima alasan atau penyebab kenapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke kartu sd. Jika kamu sudah tahu penyebab tidak bisa memindahkan aplikasi ke sd card maka kamu bisa mengambil tindakan. Tindakan yang bisa diambil sebagai cara memindahkan aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke sd card sudah aku bagikan salah satunya tadi. Semoga kamu bisa melakukannya dengan mudah. Salam Ovirius ^_^

Tito Tito

Cara Melihat Aplikasi yang sudah Diuninstal di HP Android

Sebenarnya, dari kemarin sudah banyak pertanyaan masuk via surel di HP androidku perihal bagaimana cara melihat aplikasi yang sudah diuninstal di HP android. Aku...
Tito Tito Tito Tito
1 min read

√ HP Android Penuh? #5 Cara Menambah Memori Internal…

Cara menambah memori internal android tanpa root sesuka hati ✅【Menambah】✅【Memori】✅【No root】 sangat diperlukan karena ukuran aplikasi dan file yang semakin hari semakin besar. Hal...
Tito Tito Tito Tito
3 min read

Aplikasi Penghapus Iklan Android Terbaik

Kalau ada yang tanya, kamu sebal dan terganggu atau tidak saat kamu sedang enak-enaknya berselancar di cyberspace lalu iklan-iklan yang tidak tentu dari mana...
Tito Tito Tito Tito
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *