Gagal Memindahkan File ke SD Card

2 min read

Gagal memindahkan file ke sd card bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun untuk mengetahui penyebab pasti tentu perlu dilakukan beberapa langkah. Kali ini Ovirius akan membahas penyebab dan cara mengatasi gagal memindahkan file ke sd card. Hal ini karena apabila file, data, video, lagu atau foto tersimpan di memori internal semua, maka akan cepat penuh.

Ovirius akan membagikan penyebab yang paling sering terjadi tetapi tidak disadari saja. Silahkan periksa penyebab mana yang mengakibatkan kamu tidak bisa memindahkan file ke kartu sd dan lakukan problem solvingnya.

A. Penyebab Gagal Memindahkan File ke SD Card

Ada tiga penyebab utama kenapa gagal memindahkan file ke sd card. Nantinya cara mengatasi gagal memindahkan file ke sd card juga harus disesuaikan dengan penyebabnya. Okay simak tiga penyebab kenapa tidak bisa memindahkan file ke kartu sd ini.

1. Memori Eksternal Penuh

Penyebab utama tidak bisa memindahkan file ke sd card adalah memori eksternal penuh. Ini adalah hal paling simpel tetapi memang menjadi penyebabnya. Mungkin kamu akan berkata, ah nggak penting. Sayangnya penyebab ini adalah penyebab yang memang harus pertama kali kamu periksa. Jika kamu memeriksanya dan masih kosong, okay then go to the next step.

Namun kalau memori eksternal kamu beneran penuh, dikurangin dulu bebannya ya. Hapus beberapa file atau di backup. Back up bisa dilakukan ke laptop atau ke aplikasi backup data android.

2. Tidak Ada Ijin untuk Memindahkan File

Ketika memindahkan file terkadang terdapat peringatan ‘tidak ada ijin untuk memindahkan aplikasi’. Hal ini adalah hal yang wajar terutama untuk file file yang dianggap penting oleh smartphone. Hal ini disebabkan karena smartphone dianggap akan terganggu jika file tersebut dipindahkan. Namun sayangnya terkadang file tersebut tidak lagi muat di memori internal. Nanti aku jelaskan cara mengatasi tidak bisa memindahkan file ke sd card untuk masalah ini.

3. Terdapat Bug Antara Memori Internal dan Eksternal

Kalau masalah tidak bisa memindahkan file ke sd card ini sebenarnya ketika kamu tidak bisa lagi melakukan identifikasi penyebabnya. Terkadang ada masalah di internal HP yang menyebabkan file di memori internal tidak bisa dipindahkan. Ini bukan masalah yang serius, sangat mudah untuk mengatasinya.

Nah itu tadi beberapa penyebab kenapa gagal memindahkan file, foto, video, data, lagu ke kartu sd card. Kemudian di bawah ini adalah cara mengatasi tidak bisa memindahkan file ke sd card.

B. Cara Mengatasi Gagal Memindahkan File ke SD Card

Setelah mengetahui penyebab kenapa gagal memindahkan file ke sd card, maka harus ada penyelesaian masalahnya dong. Penyelesaiannya juga harus sesuai dengan penyebab kenapa tidak bisa memindahkan file ke kartu sd. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi gagal memindahkan file ke sd card.

1. Kosongkan Memori Eksternal

Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini yang paling simpel adalah dengan memberikan ruang di memori eksternal. Memori eksternal penuh, tidak hanya ketika kapasitasnya 0 MB, terkadang masih beberapa MB pun dianggap penuh oleh smartphone. Sehingga lakukan penghapusan memori eksternal secara berkala.

2. Gunakan Aplikasi Pemindah File ke SD Card

Beberapa smartphone mungkin tidak memberikan pilihan untuk memindahkan file ke memori eksternal. Namun hal itu bukanlah masalah besar, karena sekarang semua bisa diakali. Jika kamu gagal memindahkan file ke sd card karena tidak ada izin untuk menghapus, kamu bisa menggunakan aplikasi pemindah file ke sd card. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store.

Namun karena mungkin banyak pilihan Ovirius sudah memilihkan untukmu. Kamu bisa membacanya di postingan Aplikasi pemindah file ke SD Card. Aku sudah melakukan riset mengenai jumlah download, rating, reviews dan ukuran sehingga kamu tidak lagi perlu bingung memilih. Nah aplikasi ini tentu cukup efektif untuk cara mengatasi gagal memindahkan file ke sd card.

3. Hubungkan HP ke Laptop

Apabila kamu tidak menginginkan untuk memasang aplikasi sebagai cara mengatasi tidak bisa memindahkan file ke sd card, maka kamu bisa menggunakan laptop. Jika tidak ada ijin untuk memindahkan file ke kartu sd secara manual, maka memindahkannya menggunakan laptop bisa dengan mudah melakukannya.

Langkahnya adalah hubungkan HP dan laptop dengan kabel data, kemudian pindahkan file yang ada pada memori internal ke memori eksternal, cara memindahkannya pun seperti memindahkan file laptop biasanya. Nah ini mudah sekali mengatasi tidak bisa memindahkan file ke sd card.

4. Restart Smartphone

Jika kamu merasa penyebabnya adalah karena ada masalah kebingungan kecil di dalam sistem HP, maka cara mengatasinya adalah dengan merestart HP. Melakukan booting ulang akan merefresh sistem Android, sehingga akan bekerja lebih optimal kembali. Setelah melakukan restart,coba pindahkan kembali file dari memori internal ke kartu sd.

Sekian tadi beberapa penyebab gagal memindahkan file ke sd card. Kamu bisa melakukan identifikasi penyebab kenapa tidak bisa memindahkan file ke kartu sd, kemudian memilih cara mengatasi gagal memindahkan file ke sd card yang paling tepat. Semoga kamu berhasil memindahkan file foto video lagu data ke memori eksternal dan semoga bermanfaat. Salam Ovirius ^_^

Tito Tito

Cara Melihat Aplikasi yang sudah Diuninstal di HP Android

Sebenarnya, dari kemarin sudah banyak pertanyaan masuk via surel di HP androidku perihal bagaimana cara melihat aplikasi yang sudah diuninstal di HP android. Aku...
Tito Tito Tito Tito
1 min read

√ HP Android Penuh? #5 Cara Menambah Memori Internal…

Cara menambah memori internal android tanpa root sesuka hati ✅【Menambah】✅【Memori】✅【No root】 sangat diperlukan karena ukuran aplikasi dan file yang semakin hari semakin besar. Hal...
Tito Tito Tito Tito
3 min read

Aplikasi Penghapus Iklan Android Terbaik

Kalau ada yang tanya, kamu sebal dan terganggu atau tidak saat kamu sedang enak-enaknya berselancar di cyberspace lalu iklan-iklan yang tidak tentu dari mana...
Tito Tito Tito Tito
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *