Cara Menghapus Foto/Video/File/Folder yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Sebelumnya aku sudah menjelaskan mengenai cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card android. Namun untuk kali ini aku akan fokus membahas cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android baik untuk file foto, video, data maupun folder. Sehingga bukan hanya yang di memory card saja, tetapi juga cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di android yang di penyimpanan internal. Misalnya cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di galeri dan lain sebagainya.

Namun sebelum masuk ke cara menghapus file yg tidak bisa dihapus, aku nanti akan jelaskan dulu penyebab kenapa file di android tidak bisa dihapus. Misalnya karena tidak ada izin untuk menghapus di android. Baru setelah itu aku jelaskan cara menghapus video yang tidak bisa dihapus di android maupun untuk folder dan foto di galeri.

Cara Menghapus Foto/video/file/folder  yang Tidak Bisa Dihapus Di Android

Seperti yang aku jelaskan sebelumnya, aku akan lebih fokus pembahasan pada menghapus file yang ada di memori internal atau di HP secara umum. Kalau yang fokus ke memory card android sudah aku jelaskan di cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card android. Nah maka ini akan lebih banyak penggunaannya seperti cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di android atau cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android.

0. Khusus Xiaomi ada yang baru

Khusus untuk pengguna Xiaomi, terutama Xiaomi Redmi 5a, 4a, 4x dan lainnya, ada yang namanya File Lainnya yang menyebabkan memori internal penuh. File lainnya ini sangat sulit dihilangkan jika tidka tahu triknya. Kamu bisa membaca tulisan terbaruku tentang cara menghapus file lainnya di Xiaomi.

1. Periksa penyebab kenapa foto tidak bisa dihapus

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab kenapa file tidak bisa dihapus. Ini penting agar ketika melakukan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus tidak salah langkah. Nah penyebab kenapa foto tidak bisa dihapus dari galeri misalnya, ada beberapa penyebab. Setelah tahu, baru nanti lakukan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android.

Pertama karena foto atau file masih dibuka di aplikasi yang lain seperti instagram atau editor foto. Hal ini menyebabkan file harus tetap ada di hp agar tetap bisa dijalankan oleh aplikasi tersebut. Alasan lain yang laing sering muncul adalah tidak ada izin untuk menghapus di android. Ini terjadi biasanya jika ingin menghapus database whatsapp yang cukup besar. Ini karena file ini adalah file yang bersifat read only atau hanya boleh dibuka saja, maka nanti perlu diubah dulu atributenya.

2. Gunakan aplikasi penghapus foto file atau data di android

CARA PALING AMPUH adalah menggunakan aplikasi. Kamu bisa baca tutorial dan download aplikasinya di halaman Aplikasi penghapus foto dan file. Hasil mini riset Ovirius dijadikan dasar pemilihan aplikasi terbaik yang bisa menyelesaikan masalah cara menghapus foto.

Jika ada file bandel yang memang benar benar sulit dihapus, kamu bisa menggunakan aplikasi penghapus foto untuk menghapusnya. Ini sebenarnya sama saja dengan aplikasi penghapus file, folder maupun foto sepertin biasanya. Aplikasi semacam ini sangat ampuh untuk digunakan sebagai cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus.

Contoh aplikasi yang bisa digunakan sebagai cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android sudah aku bahas di link yang aku berikan tadi. Aplikasi ini memang pada dasarnya untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di hp terutama di memory card, tetapi bisa juga digunakan untuk memori internal.

3. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan, lalu restart HP

Jika kamu sedang menggunakan salah satu foto atau video untuk proses upload ke media sosial atu sedang di edit maka file tidak bisa dihapus dari android. Maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara menutup seluruh aplikasi yang sedang berjalan. Dengan begitu nantinya file akan terbebas dari penggunaan dan bisa dihapus.

Unutuk melengkapi cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus ini, sebaiknya restart HP kamu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa sistem smartphone akan dimulai ulang. Sehingga nantinya file benar benar tidak sedang digunakan.

4. Hubungkan dengan laptop untuk merubah atribute file

Jika penyebab file atau foto tidak bisa dihapus karena memiliki atribute read only, maka perlu treatment khusus untuk menghapusnya. Ini mungkin juga bisa kamu coba jika keterangannya adalah tidak ada izin untuk menghapus di android. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android ini dengan menghubungkannya ke laptop terlebih dahulu menggunakan kabel data.

Setelah terhubung, buka file atau foto yang tidak bisa dihapus. Selanjutnya klik kanan dan pilih propertise. Selanjutnya hilangkan tanda centang pada pilihan read only dan hidden. Nah setelah itu simpan maka file kamu akan menjadi file bebas, tidak lagi file read only. Baru setelah itu kamu bisa menghapus video yang tidak bisa dihapus di android tersebut.

5. Hapus langsung menggunakan laptop atau komputer

Selain hanya menghilangkan atribute read only menggunakan laptop, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android juga bisa menggunakan laptop atau komputer. Setelah ketemu file mana yang akan dihapus, kamu bisa langsung saja menghapusnya. Hampir semua file yang tidak bisa dihapus di android, aku pernah mencobanya menghapus dengan laptop dan hasilnya adalah seratus persen berhasil. Silahkan kamu mencobanya, semoga kamu juga bisa merasakan kesuksesannya seperti aku.

6. Hapus langsung melalui pengaturan android

Ada cara yang terkadang bisa tetapi juga terkadang tidak bisa untuk diterapkan, tergantung dari smartphone yang kamu gunakan. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android bisa dicoba dengan menggunakan pengaturan penyimpanan pada android. Langkahnya kamu masuk terlebih dahulu ke pengaturan smartphone, kemudian pilih penyimpanan. Nah kamu bisa menghapus video yang tidak bisa dihapus di android di sini.

Namun untuk melakukannya biasanya harus satu kategori dihapus semua, misalnya menghapus file yang tidak bisa dihapus di hp maka seluruh file foto atau video akan hilang semua, tidak bisa milih. Itu pun tergantung HP kamu bisa atau tidak melakukannya.

7. Backup dan format memori penyimpanan

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android yang paling ekstrem adalah dengan memformat kartu memori penyimpanan. Ini bisa membersihkan bukan hanya foto yang tidak bisa dihapus, tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan virus yang tersimpan di memori smartphone.

Namun untuk melakukannya sebaiknya kamu melakukan backup terlebih dahulu data data di memori ke laptop atau penyimpanan online. Ini dimaksudkan untuk menyimpan file yang masih digunakan. Setelah itu baru di format. Setelah di format, hanya kembalikan foto yang kamu butuhkan saja, yang tidak, maka tidak perlu dikembalikan. Begitu juga untuk menghapus video yang tidak bisa dihapus di android.

Nah sekian tadi beberapa penyebab kenapa foto di galeri tidak bisa dihapus dan file yang lainnya. Serta sudah aku jelaskan beberapa cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di android. Ini bisa juga aditerapkan untuk cara menghapus folder, file dan video yang tidak bisa dihapus di android. Semoga bermanfaat ^_^

0

Tinggalkan komentar