Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus di Laptop dan Android

Laptop dan Android terkadang sama sama memiliki file yang tidak mau dihapus. Di laptop biasanya terjadi ketika menghapus file file yang memiliki ekstensi agak unik. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di laptop tentu saja berbeda dengan cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di Android.

Bahkan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android pun tergantung pada lokasi filenya. Baik file yang berada pada penyimpanan internal maupun yang berada pada memory card. Nah kali ini aku akan membahas beberapa metode yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghapus file yang tidak bisa dihapus. Ini juga bisa diterapkan untuk menghapus folder, data dan video yang tidak bisa dihapus.

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus Di Laptop

Ketika sedang menghapus banyak file ternyata di tengah tengah berhenti karena ada file yang tidak bisa dihapus, terkadang memang menyebalkan. Apalagi, ketika di skip pun ternyata ada banyak file yang tidak bisa dihapus. Sehingga daripada melakukan skip satu persatu, kita memilih untuk skip all saja. Namun itu tentu bukan berarti menyelesaikan masalah, karena file yang di skip belum terhapus. Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di laptop.

1. Gunakan aplikasi penghapus file yang tidak bisa dihapus

Cara yang paling ampuh untuk menghapus file yang bandel adalah dengan menggunakan aplikasi penghapus file atau foto. Hal ini karena penggunaan cara manual SERING KALI MASIH GAGAL. Aku sudah melakukan mini riset untuk memilih aplikasi terbaik, hasilnya kamu bisa baca di halaman Aplikasi penghapus foto dan file di poin ke tiga.

Jika berbagai langkah cara menghapus file yang tidak bisa dihapus ini sudah kamu lakukan, maka kamu bisa menggunakan langkah terakhir yaitu menggunakan aplikasi penghapus file. Aplikasi memang biasanya digunakan di smartphone untuk menghapus file, akan tetapi di laptop pun juga tersedia banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus folder, video maupun data yang bandel.

2. Menghentikan program apabila masih berjalan

Salah satu penyebab utama file tidak bisa dihapus adalah karena file masih digunakan pada sebuah program. Misalnya file word yang sedang dibuka, tidak akan bisa dihapus. Kasus lain, ketika kita sedang upload file ke website dan belum selesai, lalu kita menghapusnya maka tidak akan bisa. Hal ini juga termasuk ketika ada file foto atau video yang sedang diedit maka tidak akan bisa untuk dihapus.

Oleh karena itu, cara menghapus file yang tidak bisa dihapus adalah dengan menutup program yang masih menjalankan file yang ingin kamu hapus. Setelah kamu tutup program yang menjalankan file tadi, kemudian ulangi kembali untuk menghapusnya.

3. Tutup semua aplikasi

Jika langkah pertama masih belum bisa menyelesaikan masalah, maka mungkin ada program lain yang menggunakannya dan kamu tidak menyadari. File yang ada pada laptop atau komputer terkadang memang saling berhubungan, sehingga boleh jadi kita tidak tahu kalau file ternyata masih digunakan.

Oleh karena itu, untuk menyelesaikan masalah, sebaiknya tutup terlebih dahulu seluruh aplikasi atau program yang sedang berjalan. Setelah itu baru kemudian lakukan penghapusan pada file yang tidak bisa dihapus di laptop ini.

4. Gunakan cara hapus file dengan comand prompt (CMD)

Comand prompt memang tidak mudah digunakan terutama untuk yang masih awam. Namun cara menghapus file yang tidak bisa dihapus ini cukup mudah kok, tidak memelukan keahlian yang advance. Namun meeskipun begitu, kamu teta harus tahu dasar dasar penggunaan comand prompt ini. Nanti akan aku jelaskan lebih banyak tentang ini sehingga kamu bisa mengikutinya dengan mudah.

5. Memindah akun ke administrator

Beberapa file tidak bisa dihapus karena akses untuk mengedit ataupun menghapus hanya dimiliki oleh administrator. Sehingga pengguna yang non administrator hanya memiliki akses read-only. Hal ini biasanya dimaksudkan oleh administrator agar keamanan file file yang ada pada laptop terjaga.

Jika kamu adalah pemilik laptop dan kamu berada pada akun non administrator, maka kamu bisa memindahkan akun kamu ke administrator terlebih dahulu. Setelah itu kembali lakukan penghapusan pada file yang tidak bisa dihapus. Biasanya jika file tidak bisa dihapus karena masalah akun, akan ada pemberitahuan bahwa kamu tidak memiliki akses tersebut.

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus Di Android

Beberapa file di Android terkadang juga tidak bisa dihapus. Peringatan yang muncul biasanya adalah tidak ada izin untuk menghapus. Hal ini biasanya terjadi kalau file yang akan kamu hapus adalah file yang sebenarnya penting untuk smartphone, akan tetapi tidak penting buat kamu. Nah kalau kamu memang yakin bahwa file tersebut tidak akan digunakan lagi, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghapusnya.

Pembahasan lengkap cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android ini aku bagi menjadi dua dan aku bahas terpisah dari artikel ini. Hal ini karena masing masing ada beberapa cara menyelesaikan masalah cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di hp android. Ini tergantung pada memori yang mana file tersebut tersimpan.

Untuk pembahasan lengkap mengenai cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memori internal android ada tujuh cara. Kamu bisa membaca langkah lengkap dan detailnya di halaman cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di android.

Sedangkan jika kamu ingin menghapus file yang tidak bisa di hapus di memory card android, kamu juga bisa membacanya di blog ini. Aku pernah membahasnya secara detail di halaman cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memory card android.

Nah di dua artikel itu aku sudah membahas secara lengkap cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di memori internal maupun kartu sd android. Jadi kamu seharunya sudah bisa melakukan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di laptop maupun cara menghapus file di android

Sekian tadi beberapa cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di laptop atau komputer dan cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di android. Kamu bisa memilih langkah yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah folder tidak bisa dihapus atau tidak ada izin untuk menghapus di android. Semoga cara menghapus foto yang tidak bisa dihapus di android maupun file di laptop ini bisa membantumu. Semoga bermanfaat ^_^

0

Tinggalkan komentar