Cara Mengatasi HP Android Bootloop

1 min read

Bootloop adalah kondisi di mana piranti lunak android kamu menunjukkan kegagalan-kegagalan untuk masuk ke sistem. Biasanya, bootloop ditunjukkan dengan gelaja yang sama yaitu android hanya menampilkan logo andoid secara berulang-ulang, begitu seterusnya. Mungkin sekarang kamu paham atau pernah mengalami masalah yang sama. Tenang saja, jangan buru-buru kamu bawa HP kamu ke tempat service, yuk coba dengan cara sederhana bagaimana cara mengatasi HP Android bootloop.

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

HP bootloop tentu saja membuat si pemiliknya jadi gemas, apalagi jika sudah di-restart tetapi sama saja, yang tampil adalah logo HP secara terus-menerus. Siapa coba yang tidak bete? Padahal kalau kamu mau bersabar barang lima sampai sepuluh menit saja untuk memcaba artikel ini, mungkin saja kegemasanmu tadi bisa segera berlalu. Berikut 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP bootloop.

1. Kembalikan android kamu ke pengaturan awal yaitu Factory Reset

Cara pertama mengatasi HP bootloop adalah dengan mengembalikan HP kamu ke pengaruran pabrik yaitu dengan masuk ke Recovery Mode. Caranya mudah yaitu dengan menekan tombol Volume Up, Home, dan Power secara bersamaan, maka HP kamu otomatis akan kembali ke pengaturan pabrik.

2. Restart HP kamu, yes!

Kalau masih memungkinkan untuk me-restart HP mengapa tidak? Biasanya cara ini bisa dilakukan jika kerusakan bootloop pada android kamu masih tergolong ringan. Coba tekan tombol restart, jika masih terjadi bootloop. Coba kamu pilih matikan android kamu selama 5-10 menit, diamkan dalam keadaan mati lalu nyalakan lagi. Jika bootloop kamu ringan, cara ini bisa manjur loh. Coba ya! J

3. Melepaskan baterai dan memasangkannya lagi

Cara mengatasi HP Android bootloop pada android selanjutnya adalah dengan membuka android, melepaskan baterai HP selama 5-10 menit kemudian memasangkannya lagi. Karena bisa jadi bootloop di android kamu terjadi karena kebanyakan membuka HP untuk beberapa keperluan sekaligus. Semisal, kamu nonton Youtube, membuka email, menginstal update aplikasi, dan bermain game. Ini bisa membuat android kamu hang atau reboot sendiri.

4. Flasing

Flashing dikatakan sebagai cara yang paling ampuh di antara yang lain. Mau mencobanya? Caranya aman dan mudah yaitu dengan menginstal ulang andoid kamu dengan ROM baru. Memang sih, setelahnya kamu musti bersabar untuk donwload ulang seluruh aplikasi. Tetapi jika cara ampuh ini bisa berhasil, kenapa tidak?

5. Gunakan Backup System Recovery

Kalau kerusakan bootloop kamu tergolong berat, kamu bisa gunakan cara terakhir yaitu dengan Backup System Recovery. Untuk bisa menggunakan cara ini, kamu perlu bantuan laptop atau komputer. Gunakan laptop atau komputer kamu sebagai tempat backup data file Recovery CWM dan Recovery Image. Cara ini akan berhasil jika kamu pernah melakukan backup data ROM pada android kamu.

Akan tetapi jika kamu belum pernah melakukan backup data ROM, sebaiknya kamu mencari dara Recovery yang sesuai dengan tipe android kamu. Karena jika berbeda tipe, dikuatirkan, kamu tidak akan bisa lagi me-restore file-file kamu seperti semula.

Nah, itu tadi 5 cara mengatasi HP Android bootloop yang aku rekomendasikan kamu. Semoga di antara cara no. 1 sampai dengan no. 5 ada yang sudah bisa memecahkan masalah bootloop di HP kamu ya. Tetapi akan lebih baik jika kamu melakukan tindakan preventif dulu, gunakan android kamu sebijak mungkin.

Charge tidak perlu menunggu lowbatt, dan perhatikan bila baterai penuh langsung copot colokannya. Kamu juga tidak perlu mengorbankan HP kamu untuk beberapa keperluan dalam waktu bersamaan. Toh main game bisa diwaktu luang, waktunya bekerja ya bekerja, silakan buka email atau apikasi chat pekerjaan sesuai kebutuhan. Sekian dulu ya. Selamat beraktivitas.

Tito Tito

Cara Melihat Aplikasi yang sudah Diuninstal di HP Android

Sebenarnya, dari kemarin sudah banyak pertanyaan masuk via surel di HP androidku perihal bagaimana cara melihat aplikasi yang sudah diuninstal di HP android. Aku...
Tito Tito Tito Tito
1 min read

√ HP Android Penuh? #5 Cara Menambah Memori Internal…

Cara menambah memori internal android tanpa root sesuka hati ✅【Menambah】✅【Memori】✅【No root】 sangat diperlukan karena ukuran aplikasi dan file yang semakin hari semakin besar. Hal...
Tito Tito Tito Tito
3 min read

Aplikasi Penghapus Iklan Android Terbaik

Kalau ada yang tanya, kamu sebal dan terganggu atau tidak saat kamu sedang enak-enaknya berselancar di cyberspace lalu iklan-iklan yang tidak tentu dari mana...
Tito Tito Tito Tito
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *