Cara Mengatasi Download Tertunda

4 min read

Google Play Store adalah layanan resmi yang dimiliki setiap hp android sebagai tempat yang aman untuk men-download dan menginstal berbagai aplikasi populer dan juga game. Tapi kamu pasti juga pernah kan, mengalami download di Play Store yang tiba-tiba berhenti begitu saja, padahal kamu sedang excited banget dengan game atau aplikasi tersebut. Nah cara mengatasi download tertunda di play store ini perlu diperhatikan.

Kali ini Noona akan membahas tentang download tertunda ini. Kalau sudah begitu, mau tidak mau kamu harus punya cara mengatasi download tertunda di Play Store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Sebelum kamu mengatasi masalah seputar download yang tertunda di  Play Store, ada baiknya kamu cek dulu, apa sih penyebab download di android kamu ke-pending? Istilahnya, kamu gunakan dulu tindakan preventif biar di masa depan tidak terjadi pending download lagi.

Beberapa penyebab download di android kamu tertunda antara lain: masalah koneksi internet yang terganggu, penumpukan cache atau file-file sampah, atau Play Store di android kamu memang sedang bermasalah/error. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi download tertunda adalah:

1. Cek koneksi internet yang sedang digunakan

Koneksi internet terganggu. Permasalahan ini bisa membuat Play Store sensitif. Akibatnya, Play Store susah loading, loading lama, atau bahkan sampai gagal loading. Maka pastikan kamu berada di wilayah koneksi baik untuk paket data internet kamu. Jika tidak, aku sarankan sih kamu ganti paket data yang lain saja, biar lebih smooth dan lancar selama proses download.

2. Segera bersihkan memori internal android kamu

Kemungkinan yang bisa menyebabkan pending download di android kamu adalah karena android kamu penuh dengan cache atau file-file menumpuk yang padahal kamu sudah tidak memerlukannya lagi. Cobalah bersihkan android kamu secara kontinyu dengan cara: pergi ke menu Setting lalu pilih Apps/Aplikasi, cari dulu file yang kira-kira kamu sering gunakan lalu klik Clear Cache.

3. Cek aplikasi apa yang sedang kamu download

Di Play Store sendiri biasanya menggunakan sistem update pembaruan aplikasi secara bersamaan. Maksudnya, setiap kali ada informasi update dari Play Store, maka otomatis semua aplikasi yang harus di-update akan ter-update bersamaan bukannya satu-persatu. Nah, hal inilah yang menyebabkan, bila kamu download aplikasi yang lebih besar, akan terpending atau tertunda.

Untuk menghindari hal ini terjadi, cara mengatasi download tertunda di Play Store bisa kamu lakukan dengan mudah yaitu: pergilah ke Pengaturan Play Store, pilih aplikasi & game saya, lalu klik pada aplikasi yang terinstal. Di situ akan terlihat beberapa aplikasi yang ter-download bersamaan, cancel beberapa aplikasi yang ter-download bersama aplikasi yang paling kamu inginkan untuk di-download. Setelah selesai, kamu bisa mulai menjalankan lagi pembaruan aplikasi lain yang kamu cancel tadi.

4. Ubahlah pengaturan download, pilih gunakan data seluler, bukan WI-FI

Play Store telah memberikan aturan yang baku, yaitu ketika kamu men-download file-file dengan memori yang lebih besar, maka secara otomatis Play Store akan meminta kamu untuk men-download menggunakan WI-FI. Coba kamu ubah dulu pengaturan ini dengan cara memastikan bahwa kamu tidak akan mencentang pilihan “Download melalui WI-FI saja.

5. Gunakan Google Play Store versi terbaru

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah kamu perlu banget memperhatikan Play Store kamu, sudah berada pada update terbarukah? Jika belum, segera update Play Store kamu sekarang juga. Cara mengeceknya adalah dengan membuka Google Play Store, pilih Setting, lalu sentuh Play Store Version. Tunggu beberapa menit, dan Play Store kamu akan diperbarui ke versi terbarunya.

Google Play Store adalah pemegang kendali atas android yang kamu pegang sekarang. Aplikasi-aplikasi populer seperti WhasApp, Instagram, Facebook, Snapchat, Youtube, Google Plus, Hangout, dan lain-lain cuma bisa kamu download secara aman melalui Google Play Store. Tetapi namanya juga perangkat, secanggih apapun sebuah pasti ada celanya. Semisal, kamu lagi asik-asiknya download nih, eh tiba-tiba pending, dicoba lagi pending lagi, begitu seterusnya. Makanya kamu perlu cara mengatasi download tertunda di android kamu. Mau tahu? Stay tuned, yes!

Cara Mengatasi Download Tertunda

Coba kamu bayangkan, sebuah android tanpa Google Play Store, apa gunanya? Bisa sih digunakan, tetapi hanya terbatas pada aplikasi bawaan android saja. Lalu apa gunanya memiliki memory internal dan eksternal sampai bergiga-giga? Atau, apa gunanya juga kamu beli banyak kuota tetapi ujung-ujungnya tidak kamu pakai? Pemborosan bukan? Nah, biar tidak dikatakan kamu boros, pakai kuota sebijaknya, optimalkan aplikasi-aplikasi yang kamu perlukan di Play Store. Download seperlunya saja. Terus, kalau download-nya masih ke-pending terus bagaimana cara mengatasinya? Ini nih beberapa alternatifnya.

1. Restart smarphone kamu

Sama seperti laptop atau komputer, jika terjadi hang terus kamu nyalakan ulang. Demikian pula dengan smartphone. Kinerjanya hampir sama dengan laptop atau pun komputer di rumah kamu. Pada saat kamu restart, maka kinerja sebuah smartphone bisa kembali membaik sehingga diharapkan pending download kamu bisa segera teratasi.

2. Gunakan koneksi internet yang stabil

Lagi-lagi, kamu harus sering-sering perhatikan point penting yang satu ini. Persis, itu dia! Kamu ada di wilayah mana? Di wilayah yang kamu tinggali itu, paling bagus kalau kamu pakai paket data perdana merek apa? Hanya kamu yang tahu jawaban itu. Makanya kamu harus perhatikan betul-betul ya! Demi apa? Ya demi android kamu lah biar bisa lancar waktu download. Masa demi aku? 😀

3. Hapus cache atau file-file sampah yang sudah tidak lagi digunakan di Play Store

Kalau cara pertama dan kedua tidak juga menghilangkan pending download di android kamu, mungkin cara mengatasi download tertunda ketiga ini bisa manjur.

Sampah itu memang harus disingkirkan terus dibuang tuh sejauh-jauhnya biar tidak mengganggu. Tidak cuma di alam nyata loh, ungkapan tadi berlaku. DI dunia cyberspace juga begitu. Kamu musti buang tuh cache-cache biar tidak menumpuk dan membuat download kamu ke-pending terus. Caranya mudah koq, gini nih: masuk ke Pengaturan, pilih Manager Aplikasi/My Apps, pilih lagi semua aplikasi, pilih Play Store, terakhir, kamu klik di hapus cache dan juga hapus data. Selesai.

4. Update android kamu ya

Masih belum bisa juga? Tenang, jangan panik dulu. Masih ada cara keempat dariku. Kamu sudah cek belum versi android kamu? Jangan-jangan ada update pembaruan di android kamu terus kamu diamkan begitu saja. Ya iyalah, itu bisa jadi salah satu penyebab download kamu di android ke-pending terus. Yuk segera update android kamu.

Caranya bagaimana? Di setiap android pasti akan muncul pemberitahuan kalau musti update android versi terbaru, kamu cuma harus tekan setuju atau perbarui. Tunggu prosesnya, biasanya agak lama. Kalau mau kuota aman, pergunakan koneksi WI-FI saja.

5. Ubah pengaturan android kamu ke pengaturan pabrik (factory reset)

Cara terakhir, semoga bisa menjadi solusi terbaik buat kamu ya, yang dari tadi mencoba cara no. 1 sampai dengan no. 4 tetapi belum berhasil juga. Masuk ke menu Pengaturan, pengaturan tambahan, pilih buat cadangan dan setel ulang. Lalu, kamu hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat dibongkar. Prosesnya agak lama memang, kamu perlu sabar. Nah, langkah terakhir setelah proses reset selesai, coba buka Play Store dan lakukan download seperti biasa. Bagaimana, berhasil kan?

So, itu tadi lima cara mengatasi download tertunda yang sudah pernah aku praktekkan semuanya. Aman koq, tenang saja. Kalau masih ada pertanyaan, aku siap 24 membantu kamu. Salam. ^__^7

Sekian info dari aku mengenai cara mengatasi download tertunda di Play Store. Semoga artikel ini bisa membantu. like, share, or comment sangat membantu loh. Please jangan sungkan. ^__*

Tito Tito

Cara Melihat Aplikasi yang sudah Diuninstal di HP Android

Sebenarnya, dari kemarin sudah banyak pertanyaan masuk via surel di HP androidku perihal bagaimana cara melihat aplikasi yang sudah diuninstal di HP android. Aku...
Tito Tito Tito Tito
1 min read

√ HP Android Penuh? #5 Cara Menambah Memori Internal…

Cara menambah memori internal android tanpa root sesuka hati ✅【Menambah】✅【Memori】✅【No root】 sangat diperlukan karena ukuran aplikasi dan file yang semakin hari semakin besar. Hal...
Tito Tito Tito Tito
3 min read

Aplikasi Penghapus Iklan Android Terbaik

Kalau ada yang tanya, kamu sebal dan terganggu atau tidak saat kamu sedang enak-enaknya berselancar di cyberspace lalu iklan-iklan yang tidak tentu dari mana...
Tito Tito Tito Tito
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *