Cara Mengatasi Download Tertunda

2 min read

Google Play Store adalah layanan resmi yang dimiliki setiap hp android sebagai tempat yang aman untuk men-download dan menginstal berbagai aplikasi populer dan juga game. Tapi kamu pasti juga pernah kan, mengalami download di Play Store yang tiba-tiba berhenti begitu saja, padahal kamu sedang excited banget dengan game atau aplikasi tersebut. Nah cara mengatasi download tertunda di play store ini perlu diperhatikan.

Kali ini Noona akan membahas tentang download tertunda ini. Kalau sudah begitu, mau tidak mau kamu harus punya cara mengatasi download tertunda di Play Store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Sebelum kamu mengatasi masalah seputar download yang tertunda di  Play Store, ada baiknya kamu cek dulu, apa sih penyebab download di android kamu ke-pending? Istilahnya, kamu gunakan dulu tindakan preventif biar di masa depan tidak terjadi pending download lagi.

Beberapa penyebab download di android kamu tertunda antara lain: masalah koneksi internet yang terganggu, penumpukan cache atau file-file sampah, atau Play Store di android kamu memang sedang bermasalah/error. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi download tertunda adalah:

1. Cek koneksi internet yang sedang digunakan

Koneksi internet terganggu. Permasalahan ini bisa membuat Play Store sensitif. Akibatnya, Play Store susah loading, loading lama, atau bahkan sampai gagal loading. Maka pastikan kamu berada di wilayah koneksi baik untuk paket data internet kamu. Jika tidak, aku sarankan sih kamu ganti paket data yang lain saja, biar lebih smooth dan lancar selama proses download.

2. Segera bersihkan memori internal android kamu

Kemungkinan yang bisa menyebabkan pending download di android kamu adalah karena android kamu penuh dengan cache atau file-file menumpuk yang padahal kamu sudah tidak memerlukannya lagi. Cobalah bersihkan android kamu secara kontinyu dengan cara: pergi ke menu Setting lalu pilih Apps/Aplikasi, cari dulu file yang kira-kira kamu sering gunakan lalu klik Clear Cache.

3. Cek aplikasi apa yang sedang kamu download

Di Play Store sendiri biasanya menggunakan sistem update pembaruan aplikasi secara bersamaan. Maksudnya, setiap kali ada informasi update dari Play Store, maka otomatis semua aplikasi yang harus di-update akan ter-update bersamaan bukannya satu-persatu. Nah, hal inilah yang menyebabkan, bila kamu download aplikasi yang lebih besar, akan terpending atau tertunda.

Untuk menghindari hal ini terjadi, cara mengatasi download tertunda di Play Store bisa kamu lakukan dengan mudah yaitu: pergilah ke Pengaturan Play Store, pilih aplikasi & game saya, lalu klik pada aplikasi yang terinstal. Di situ akan terlihat beberapa aplikasi yang ter-download bersamaan, cancel beberapa aplikasi yang ter-download bersama aplikasi yang paling kamu inginkan untuk di-download. Setelah selesai, kamu bisa mulai menjalankan lagi pembaruan aplikasi lain yang kamu cancel tadi.

4. Ubahlah pengaturan download, pilih gunakan data seluler, bukan WI-FI

Play Store telah memberikan aturan yang baku, yaitu ketika kamu men-download file-file dengan memori yang lebih besar, maka secara otomatis Play Store akan meminta kamu untuk men-download menggunakan WI-FI. Coba kamu ubah dulu pengaturan ini dengan cara memastikan bahwa kamu tidak akan mencentang pilihan “Download melalui WI-FI saja.

5. Gunakan Google Play Store versi terbaru

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah kamu perlu banget memperhatikan Play Store kamu, sudah berada pada update terbarukah? Jika belum, segera update Play Store kamu sekarang juga. Cara mengeceknya adalah dengan membuka Google Play Store, pilih Setting, lalu sentuh Play Store Version. Tunggu beberapa menit, dan Play Store kamu akan diperbarui ke versi terbarunya.

Sekian info dari aku mengenai cara mengatasi download tertunda di Play Store. Semoga artikel ini bisa membantu. like, share, or comment sangat membantu loh. Please jangan sungkan. ^__*

Tito Tito

Aplikasi Pemindah Aplikasi

Memori internal HP penuh bisa diakali dengan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu sd card ✅【Aplikasi】✅【Tanpa Root】. Aplikasi pemindah ke kartu sd bisa digunakan untuk...
noona noona
3 min read

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Keberadaan smartphone kini menjadi hal yang lazim di kalangan muda-mudi era milenial. Dengan benda multifungsi ini, kamu pasti sangat nyaman meng-capture setiap momen penting,...
Tito Tito Tito Tito
2 min read

Cara Membersihkan RAM Android

Cara membersihkan RAM pada android penting bagi kamu yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang tidak besar. Cara membersihkan ram sering juga disebut sebagai...
Tito Tito Tito Tito
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *