Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Card dari Memori Internal

4 min read

Memindahkan aplikasi ke sd card adalah salah satu cara mengatasi memori internal penuh. Sayangnya cara memindahkan aplikasi ke kartu sd tidaklah mudah. Beberapa aplikasi mudah dipindahkan, beberapa yang lain smartphonenya tidak support untuk memindahkan aplikasi. Cara memindahkan aplikasi ke kartu memori bisa dilakukan secara manual. Namun terkadang perlu menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu sd card.

Kali ini Ovirius akan membahas lima cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal. Kamu boleh memilih metode memindahkan aplikasi internal ke eksternal yang paling kamu sukai. Saranku kamu menggunaka cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal tanpa root. Namun jika memang terpaksa, menggunakan root juga tidak masalah.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Urutan cara memindahkan aplikasi ke sd card ini berdasarkan yang paling memungkinkan dilakukan. Di paling akhir juga aku berikan cara pindah aplikasi ke kartu sd secara otomatis ketika instal. Silahkan ikuti langkah memindahkan aplikasi ke kartu sd secara runtut agar lebih mudah melakukannya.

1. Ketahui Penyebab Kenapa Tidak Bisa Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Seperti aku jelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindakan ke sd card. Selain karena aplikasinya, beberapa smartphone juga tidak memberikan fitur memindahkan aplikasi ke sd card. Jika kamu tidak bisa memindahkan aplikasi ke sd card maka kamu harus tahu alasannya kenapa.

Penjelasan lengkap alasan aplikasi tidak bisa dipindahkan ke sd card ini sudah aku bahas secara lengkap di halaman penyebab aplikasi tidak bisa dipindahkan ke kartu SD. Sebaiknya kamu baca terlebih dahulu halaman itu. Sehingga nanti cara memindahkan aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke sd card bisa disesuaikan dengan penyebabnya.

2. Gunakan Aplikasi Pemindah Aplikasi ke Kartu SD Terbaik (Hasil Mini Riset)

Di Google Play Store ada sangat banyak aplikasi yang serupa, jadi aku sudah melakukan mini riset. Kamu bisa membukanya di halaman aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke kartu sdOvirius memilihnya berdasarkan jumlah download, rating dan review dari para penggunanya.

Jika kamu tidak mau ribet untuk memindahkan aplikasi secara manual, maka aku punya cara yang lebih mudah yaitu menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu sd, maka kamu bisa memindahkan banyak aplikasi sekaligus. Kamu hanya tinggal buka aplikasi, pilih aplikasi mana saja yang ingin dipindahkan kemudian aplikasi akan dipindah secara bersamaan.

Cara memindahkan aplikasi ke sd card juga bisa mengatasi aplikasi yang tidak mau dipindah ke kartu memori. Hal ini karena memindahkan aplikasi ke kartu sd menggunakan aplkasi memiliki kemampuan untuk mengambil data dari internal. Sehingga cara memindahkan aplikasi ke memory card sangat efektif dan efisien.

Sayangnya ada banyak aplikasi pemindah aplikasi ke kartu sd yang bisa didownload di Google Play. Oleh karena itu, Ovirius pernah membahas aplikasi apa saja yang terpercaya untuk digunakan sebagai alat pindah aplikasi ke kartu sd.

3. Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Secara Manual

Kalau HP kamu tergolong keluaran TERBARU, dengan sistem operasi Android yang juga versi terbaru, cara manual HAMPIR TIDAK BISA dilakukan secara manual. Apalagi kalau HP kamu adalah Xiaomi 5A atau 4A, ada sangat banyak yang mengeluh karena tidak bisa memindahkan aplikasinya ke sd card. Jadi kalau cara manual tidak bisa, gunakan cara sebelumnya, menggunakan aplikasi pemindah aplikasi.

Memindahkan aplikasi ke sd card secara manual adalah yang paling aman dibandingkan yang lain. Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd ini dilakukan menggunakan fitur bawaan dari smartphone terutama Android. Dengan menggunakan fitur bawaan, maka tidak ada resiko ancaman apapun terhadap keamanan aplikasi kamu.

Namun meskipun smartphone memberikan fitur bawaan, sayangnya tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke sd card. Misalnya aplikasi whatsapp dan beberapa game yang tidak bisa dipindahkan. Oleh karena itu, nanti di langkah kedua akan aku jelaskan penyebabnya.

Langkah langkah cara memindahkan aplikasi android ke sd card secara manual cukup mudah. Pertama buka pengaturan smartphone. Kemudian klik Apl atau Aplikasi, pilih aplikasi mana yang akan kamu pindahkan ke sd card. Kemudian setelah dibuka maka  akan ada tampilan informasi aplikasi kamu. Cara memindahkan aplikasi ke kartu memori hanya tinggal klik pilihan ‘Pindah ke sd card’. Tunggu beberapa saat hingga proses memindahkan aplikasi ke memori card selesai. Nah semudah itu saja langkah memindahkan aplikasi ke sd card tanpa root yang dilakukan secara manual.

4. Manfaatkan Fitur Bawaan Resmi Smartphone

Setiap smartphone memiliki spesifikasi tersendiri dalam hal memindahkan aplikasi ke sd card. Misalnya HP Xiaomi, ada yang memang tidak memberikan fitur untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori. Sehingga cara memindahkan aplikasi ke kartu sd tetap harus disesuaikan dengan masing masing smartphone.

Lalu bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu sd card? Cara yang paling mudah pertama adalah menggunakan fitur adoptable smartphone. Fitur ini adalah fitur bawaan dari Android Marsmallow atau versi 5. Sehingga dengan menggunakan fitur ini cara memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Namun jika di bawah versi itu tentu tidak mudah untuk dilakukan.

Oleh karena itu, kedepan Ovirius akan membahas cara pindah aplikasi ke sd card tanpa root pada masing masing smartphone. Ketika kamu membuka tulisan ini, kemungkinan tulisannya sudah ada, kamu bisa search saja.

Langkah itu aku bagi menjadi beberapa tergantung dari smartphone yang kamu gunakan. Ada dua yang mejadi fokus utamaku, yaitu cara memindahkan aplikasi ke kartu sd samsung dan cara memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi. Karena dua smartphone itu yang paling sering mengalami masalah.

Namun tidak ketinggalan, aku juga akan membahas cara memindah aplikasi ke sd card asus zenfone go dan juga cara memindahkan aplikasi ke sd card oppo. Sehingga jangan khawatir, semua solusi cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal nanti akan tersedia di blog ini.

5. Cara Agar Aplikasi Terpasang Otomatis di SD Card

Aku sudah membahas beberapa alasan kenapa harus langsung instal di memori eksternal secara langsung. Kamu bisa membacanya di halaman cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sc card Android. Dengan cara otomatis, maka tidak perlu lagi repot memindahkan secara manual.

Nah kalau yang tadiadalah cara memindahkan aplikasi ke sd card yang sudah terpasang di memori internal HP. Kalau yang ini adalah cara memindahkan aplikasi ke kartu sd secara otomatis ketika aplikasi diinstal. Jadi ketika kamu instal dari Google Play, aplikasi secara otomatis akan terinstal di memori eksternal. Sehingga nantinya tidak perlu repot repot untuk memindahkan aplikasi.

Langkah langkah pindah aplikasi ke kartu sd ini sangat mudah. Pertama kamu buka pengaturan kemudian pilih penyimpanan. Untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori kamu tinggal pilih saja penyimpanan yang disukai. Ketika diberi pilihan, cara memindahkan aplikasi internal ke eksternal adalah dengan memilih kartu SD atau SD Card. Nah setelah itu kembali. Nantinya aplikasi yang kamu instal dari Google Play Store akan otomatis terinstal di memori eksternal.

Sekian tadi lima cara memindahkan aplikasi ke kartu sd. Kamu bisa memilih cara memindahkan aplikasi ke memori card yang paling mudah dan paling memungkinkan. Jika cara memindahkan aplikasi ke kartu memori secara manual tidak bisa, maka kamu memerlukan pemindah aplikasi ke kartu sd. Termasuk jika tidak bisa memindahkan aplikasi ke sd card, kamu perlu tahu alasannya. Sehingga kamu tetap bisa melakukan cara memindahkan aplikasi android ke sd card secara mudah dan tanpa root. Salam Ovirius ^_^

Tito Tito

Cara Melihat Aplikasi yang sudah Diuninstal di HP Android

Sebenarnya, dari kemarin sudah banyak pertanyaan masuk via surel di HP androidku perihal bagaimana cara melihat aplikasi yang sudah diuninstal di HP android. Aku...
Tito Tito Tito Tito
1 min read

√ HP Android Penuh? #5 Cara Menambah Memori Internal…

Cara menambah memori internal android tanpa root sesuka hati ✅【Menambah】✅【Memori】✅【No root】 sangat diperlukan karena ukuran aplikasi dan file yang semakin hari semakin besar. Hal...
Tito Tito Tito Tito
3 min read

Aplikasi Penghapus Iklan Android Terbaik

Kalau ada yang tanya, kamu sebal dan terganggu atau tidak saat kamu sedang enak-enaknya berselancar di cyberspace lalu iklan-iklan yang tidak tentu dari mana...
Tito Tito Tito Tito
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *