Cara Membersihkan File Sampah Android

2 min read

Android kamu sudah terasa lemot atau lola (loading lama) padahal baru saja beli? Hmmm…pasti rasanya menyebalkan ya? Bisa jadi salah satu alasannya adalah banyaknya file sampah dan sudah menumpuk. Tetapi kamu tidak perlu uring-uringan dulu, kamu bisa tetap tenang dan siasati beberapa cara membersihkan file sampah android tanpa aplikasi di bawah ini.

Kali ini Noona akan membahas hal ini. Mulai dari cara membersihkan file sampah android tanpa aplikasi sampai yang harus pakai aplikasi.

Cara Membersihkan File Sampah Android tanpa Aplikasi

Baiklah, aku akui kalau sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan file-file sampah di android kamu. Cara itu sendiri biasanya bisa ditempuh dengan: tanpa aplikasi, menggunakan aplikasi tanpa root, atau menggunakan aplikasi dengan root. Nah, kali ini, aku bagikan khusus buat kamu, bagaimana cara-cara jitu yang bisa kamu pakai untuk membersihkan android kesayangan tanpa aplikasi. Yuk, check this out.

1. Bersihkan cache atau sampah pada android kamu melalui menu Apps

Baca dulu File sampah penyebab memori internal penuh yang jarang disadari.

Melalui menu Apps, carilah menu Setting. Kemudian akan muncul semua aplikasi yang sudah terinstall di android kamu. Perhatikan di bagian kanan atas, terdapat tiga titik (atau disebut juga menu option), klik tiga titik tersebut lalu muncul beberapa pilihan, kamu pilih Clear cache of all apps (hapus cache dari semua aplikasi). Selanjutnya akan muncul popup, nah sekarang kamu tinggal lakukan eksekusi terakhir dengan klik clear cache untuk menyelesaikan  pembersihan.

2. Coba cara membersihkan sampah dengan dari file storage

Khusus Xiaomi bisa baca cara menghapus file lainnya di Xiaomi.

Cara ini bisa kamu mulai dengan beberapa langkah mudah. Pertama, kamu harus masuk ke menu setting dulu, lalu kamu cari menu storage. Klik di menu storage tadi. Nah, setelah itu kamu akan melihat tampilan gambar di sebelah kanan atas, gambar itu menunjukkan rincian penyimpanan pada perangkat android kamu termasuk file cache (yaitu cache data). Kamu hanya perlu klik pada Cached data untuk mengahpus file-file sampah yang mengganggu android kamu.

3. Membersihkan file sampah dengan cara menghapus file thumbnail foto

Cara membersihkan file sampah android tanpa aplikasi ketiga yang aku rekomendasikan ke kamu adalah dengan menghapus file thumbnail foto. Caranya mudah sekali. Kamu hanya perlu buka menu My Files, lalu cari Device Storage, ada titik tiga (menu option), kamu klik Setting. Terus kamu lanjutkan lagi dengan memilih dan mengaktifkan menu Show hidden files, lalu klik back. Pilih folder DCIM yang merupakan file penyimpan foto kamu. Klik lagi di folder Thumbnails. Pilih icon sampah, terus hapus deh folder thumbnails tadi.

4. Hapus foto spam otomatis dari group WhatsApp

Ini nih yang seringkali menyebalkan. Memang, WhatsApp banyak diminati karena aplikasi ini memorinya sangat kecil. Tetapi efek negatif dari aplikasi chatting yang satu ini adalah ketika file-file foto jadi spam dan tersimpan otomatis di memori internal android. Yakin deh, kamu tidak akan sadar tiba-tiba memory internal kamu semakin berkurang setiap harinya.

Nah, kalau sudah begini kamu perlu ambil tindakan preventif dengan menghapus foto-foto tadi secara permanen dari android kamu. Cari menu Settings di aplikasi WhatsApp, klik Chat settings, lalu pilih Media auto-download. Dengan begini WhatsApp tidak bisa lagi download foto seenaknya di android kamu.

5. Gunakan aplikasi pembersih sampah bawaan ponsel kamu

Beberapa smartphone seperti Samsung, Oppo, Xiomi, dan lain-lain sudah memiliki aplikasi anti-virus bawaan yang juga berfungsi membersihkan file-file sampah di android kamu. Kamu bisa gunakan aplikasi pembersih sampah ini karena sudah pasti aman dan disesuaikan dengan kemampuan ponsel masing-masing. Dengan satu dua klik saja file cache akan hilang dari android kamu. Mudah kan?

Wah, tidak terasa sudah sampai 5 tips cara membersihkan file sampah android tanpa aplikasi yang aku bagikan ke kamu ya. Berarti tugasku menulis sudah selesai. Sekarang giliran kamu. Iya kamu! Kamu kalau ada pertanyaan, jangan sungkan ya. Isi saja di kolom komentar, nanti aku yang jawab. Sekian dari aku. Terimakasih. 🙂

Tito Tito

Aplikasi Pemindah Aplikasi

Memori internal HP penuh bisa diakali dengan aplikasi pemindah aplikasi ke kartu sd card ✅【Aplikasi】✅【Tanpa Root】. Aplikasi pemindah ke kartu sd bisa digunakan untuk...
noona noona
3 min read

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Keberadaan smartphone kini menjadi hal yang lazim di kalangan muda-mudi era milenial. Dengan benda multifungsi ini, kamu pasti sangat nyaman meng-capture setiap momen penting,...
Tito Tito Tito Tito
2 min read

Cara Membersihkan RAM Android

Cara membersihkan RAM pada android penting bagi kamu yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang tidak besar. Cara membersihkan ram sering juga disebut sebagai...
Tito Tito Tito Tito
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *